BAKSOS 2019

BAKSOS 2019

Bakti sosial adalah kegiatan yg dilakukan seorang individu ataupun sekelompok orang dengan tujuan untuk mengurangi beban orang lain yg dirasa kekurangan.

Bakti Sosial

  1. Pengertian Bakti Sosial

Bakti sosial atau lebih dikenal dengan baksos ini merupakan suatu kegiatan wujud dari kepedulian atau rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia. Dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merekatkan rasa kekerabatan kita terhadap orang lain. Kata sosial didalamnya tercakup perorangan dan kelompok-kelompok. Bakti dapat diartikan sebagai pengikatan (mengikatkan) diri kepada diri atau diri-diri lainnya. Ikatan ini berupa kepedulian, perasaan tanggungjawab terhadap kehidupan sesama. Bakti sosial dapat berarti memberi sesuatu (kepada yang butuh pemberian).

  1. Tujuan Bakti Sosial

Mempererat hubungan antara sesama manusia. Memberikan motivasi tentang masyarakat tentang pentingnya kesadaran dalam meningkatkan wawasan. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai sarana aktualisasi diri untuk membantu sesama.

  1. Manfaat Bakti Sosial

Masyarakat dapat atau mampu mengupayakan peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan. Masyarakat mendapatkan pelayanan melalui berbagai rangkaian kegiatan. Pelajar dapat mengaplikasikan secara langsung ilmu dan pengetahuan yang didapat untuk kepentingan masyarakat. Untuk sarana pendidikan dan pelatihan non formal bagi pelajar dengan terjun langsung ke masyarakat.

  1. Bentuk Kegiatan

Bakti sosial merupakan bentuk kepedulian terhadap pihak sosial masyarakat, terutama bagi masyarakat yang sangat membutuhkan atau yang berhak untuk menerimanya. Bentuk kegiatan bakti sosial dapat berupa seperti :

  • Kegiatan bersih-bersih dilingkungan masyarakat. <–Yang dilakukan Ma Al Muslimun–>
  • Mengadakan Sahur On The Road yang merupakan acara pada bulan puasa yang dilakukan pelaku bakti sosial untuk mengadakan acara sahur di jalan yang sekaligus membagikan makanan untuk sahur kepada masyarakat.
  • Mengadakan buka bersama yang merupakan acara pada bulan puasa, ketika tahun pertama puasa buka bersama dengan anak yatim piatu.
  • Mengumpulkan buku dan alat-alat tulis lainnya untuk disalurkan kepada anak-anak yang masih menempuh pendidikan di bangku sekolah.
  • Memberikan donor darah dan pengobatan gratis kepada masyarakat.
  • Mengumpulkan sumbangan 9 bahan pokok kepada masyarakat.
  1. Pelaku Bakti Sosial

Bagi mereka-mereka yang masih merasa peduli dan mampu untuk

melakukan kegiatan tersebut, karena tidak semua orang ingin dan mau untuk melakukan kegiatan bakti sosial dengan berbagai alasan apapun. Untuk menumbuhkan rasa itu terhadap seseorang tidaklah mudah, dibutuhkan suatu kemauan dasar dari diri sendiri dan adanya faktor pendukung dari lingkungan untuk menariknya agar dapat bergabung dalam kegiatan ini.